Rabu, 09 Januari 2019

Memberi Manfaat

Day 3 - @30haribercerita

Melanjutkan cerita saya sebelumnya di Day 2 - @30haribercerita, saya ingin sharing bagaimana kita belajar untuk terbiasa memberi manfaat kepada orang di sekitar kita.

Berdasarkan pengamatan  Dr. Maxwell Maltz, manusia memerlukan waktu sekitar tiga minggu atau 21 hari untuk mengadaptasikan diri terhadap perubahan-perubahan di dalam hidup. Inilah yang sering kita dengar, bahwa kita harus mengulang pekerjaan sebanyak 21 hari secara terus menerus untuk menciptakan kebiasaan.

Menurut Witherington dalam kutipan Djaali adalah “an acquired way of acting which is persistent, uniform, and fairly automatic”, kebiasaan merupakan cara bertindak
yang diperoleh melalui belajar secara berulang-ulang, yang pada akhirnya menjadi menetap dan bersifat otomatis.

Ada penelitian terbaru dari Phillippa Lally dari University College London yang dipublikasikan dalam European Journal of Social Psychology. Ternyata waktu yang diperlukan untuk menciptakan habit itu bervariasi tergantung tingkat kesulitan perilaku yang diinginkan, kurang lebih antara 21 hari-66 hari (sekitar 2 bulan) waktu yang ditetapkan menjadi batas yang universal.

Saya coba melampirkan beberapa sumber yang saya baca tentang menciptakan habit. Intinya semuanya ada di diri kita, ada dalam hati kita, terkadang sesuatunya harus dipaksa untuk meciptakan kebiasaan itu.

Saya sebelumnya tidak terbiasa dengan membaca Al Qur'an 1 hari 1 juz, namun karena ikutan grup ODOJ, kita secara alami perlahan mampu mengikuti, karena termotivasi satu sama lain, dan kadang sedikit terpaksa karena malu melihat teman-teman yang lain bisa, kenapa saya tidak bisa. Jadi seolah saya baca Qur'an karena terpaksa di dalam grup ODOJ bukan karena Allah. Namun memang semuanya harus dipaksa, coba kita keluar dari grup itu, pasti bacaan kita mulai tidak teratur.

Begitu juga dalam membiasakan diri memberi manfaat untuk orang banyak, semua itu harus dipaksa, semua itu harus dimulai dari hati, dan harus dijadikan gaya hidup. Pergi berangkat kerja pasti melewati mesjid, ada disitu kotak infaq, jangan lewatkan 1 haripun untuk bersedekah, 2 ribu aja 1 hari, insyaAllah nggak berat kok. InsyaAllah jadi kebiasaan.

Gaya hidup baru, gaya hidup berbagi, gaya hidup bermanfaat untuk orang lain.

#30HariBercerita #HBC1903



Tidak ada komentar:

Posting Komentar