Minggu, 01 Mei 2016

Seberapa Siapkah Aku Meminang

Agak sedikit tertawa mengingat akan judul yang kubuat ini. Hahaha. Banyak dari kita terutama mereka yang baru saja menyelesaikan studinya gencar-gencarnya membahas bahkan masuk ke tahapan yang disebut "pernikahan".

Pernikahan bukanlah suatu hal sepele yang pasti kita lalui. Ia adalah moment ataupun titik awal deretan ibadah yang suci. Kita sebagai umat manusia diwajibkan menikah ketika kita sudah siap untuk menikah.

Sudah seberapa siapkah diri kita? Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk meminang seseorang. Tapi jangan juga dikarenakan merasa diri belum siap, hingga menikah menjadi terus-terusan ditunda. Menikah itu adalah salah satu cara untuk bisa menjaga diri. Segerakan menikah, bukan berarti terburu-buru dalam menikah.

Suatu rumah tangga akan menjadi majelis kecil dalam hidup kita. Disanalah kita belajar hal-hal baru, disanalah kita beribadah, disanalah kita saling mengingatkan satu sama lain, disana pula lah kita insyaAllah menghadirkan generasi-generasi terbaik nantinya. Aamiin ya rab. Untuk itu ilmu agama, ilmu duniawi, ilmu sosial, menjadi salah satu yang harus kita terus pelajari.

"Aku belum menjadi seorang ulama, insinyur, ataupun profesor, aku belum mau menikah".

Ada pula mereka yang berada di posisi dengan pemikiran di atas, terus mau menikah dengan sederet gelar tapi umur uda ketuaan?
Emmm sebaiknya dipikirin ulang deh.

Ilmu agama belum cukup? Tapi malas belajar agama.

"Kapan siapnya kalau gitu?".

Nikah itu niatnya diluruskan dulu. Untuk apa dan bagaimana menuju kesananya. Ilmu apapun itu sangatlah luas dan kita hanyalah manusia yang sangat miskin ilmu dibandingkan sang Pemilik Ilmu, tapi semangat untuk terus belajar dan memperbaiki diri itu yang penting. Semoga pula dengan menikah nanti, dipermudah kerja kita, belajar kita, dan ibadah kita.

Oh iya balik lagi, "Sudah Seberapa Siapkah Aku Meminang?"

Buat kalian yang sedang mempersiapkan diri, teruslah belajar dan memperbaiki diri.
Buat kalian yang akan menuju suatu pernikahan, teruslah belajar dan memperbaiki diri.
Buat kalian yang sudah menikah, teruslah belajar dan memperbaiki diri.

4 komentar: